Mengagumi Sejarah Sepakbola di Museum Real Madrid F.C

Gue bukan penggemar sepakbola apalagi pemuja klub tertentu. Tapi begitu gue mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Stadium Santiago Bernabeu yang juga menaungi Museum Real Madrid F.C, gue pun tidak menolak. Bersama dua crew lainnya, kami berjalan kaki dari hotel menuju stadium yang ternyata bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.

Sesampainya kami di sana, kami membeli tiket masuk seharga 20 Euro per orang. Ini adalah harga tiket masuk yang berlaku untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak usia 14 tahun ke bawah dikenakan tarif 14 Euro per orang. Dengan tiket ini kita bisa puas mengelilingi stadium dan museum Real Madrid F.C. Harga ini cukup sepadan dengan kecanggihan teknologi yang ditonjolkan di semua pameran museum. Siapapun yang berkunjung ke sini pasti terkagum-kagum tengan display dan benda koleksi di dalamnya, meskipun bukan penggemar sepakbola seperti gue.

Mengingat stadium ini sangat luas dan ada banyak pengunjung yang wara-wiri setiap hari, ada baiknya bila berkunjung ke sini sejak pagi hari, misalnya mulai jam 9 atau 10 pagi. Gue dan teman-teman crew lainnya mendatangi museum ini sekitar jam 1 siang dan baru selesai mengunjungi semua sudut di stadium dan museum sekitar jam 4 sore. Mungkin buat penggemar Real Madrid jam kunjung harus dimaksimalkan sehingga bisa lebih lama berada di stadium ini. Bahkan bila beruntung, bisa juga sambil menonton pertandingan yang sedang digelar. Tentunya disarankan untuk mengecek website Real Madrid dan melihat jadwal pertandingan di hari kunjungan. Siapa tahu bisa bertemu bintang sepakbola yang jadi idola.

Untuk memasuki museum, ada dua kali screening yang harus kita lewati. Dua petugas keamanan di pos yang berbeda akan memeriksa tas dan barang bawaan lainnya sebelum memperbolehkan kita masuk. Wajar saja sih ada pengamanan seperti ini karena Real Madrid F.C adalah salad satu klub sepakbola paling terkenal di dunia, sehingga keamanan dan keselamatan para bintang dan penonton menjadi prioritas utama, terutama kalau sedang ramai musim pertandingan.

Ini adalah deretan sepatu dan bola sepak yang dipakai oleh para pemain klub Real Madrid di era 1910, 1920, dan 1930an. Meskipun usianya sudah lanjut, tapi masih kelihatan terawat dan bagus ya.

Ini bukan sepatu Cinderella ya, hehehe… Coba bandingkan deh sepatu pemain sepakbola yang berkilau ini dengan sepatu jaman dulu. Jauh banget ya bedanya baik dari bentuk maupun desainnya.


Di museum ini ada beragam diorama dan pajangan berhubungan dengan klub sepakbola tersebut. Mulai dari awal terbentuknya klub, profil para pemain dan eks pemain yang mendunia, hingga koleksi piala, sepatu dan bola bersejarah dari beragam pêrtandíngan di masa lalu. Bahkan ada juga deretan piala-piala yang pernah dimenangkan oleh Real Madrid dari masa ke masa, semuanya masih tersimpan dengan rapi di galeri pajangan museum.

Sejarah para pemain bintang dan pelatih terkenal klub ini pun lengkap terpampang di monitor layar sentuh yang apik. Makin menarik karena ada latar musik “Hala Madrid” yang mengiringi tampilan di layar dan juga bergaung di sepanjang koridor museum.

Pokoknya semua koleksi di museum ini terawat dengan sangat baik dan ditampilkan dengan sangat menarik. Gue yang bukan penggemar sepakbola såja bisa dibikin terkagum-kagum, apalagi mereka yang ngefans berat sama Real Madrid! Dijamin betah berlama-lama di museum ini deh…

Written by dearmarintan

A frequent flyer who finds a delight in reading books and visiting beautiful bookshops. Currently reading “Think Like A Manager, Don’t Act Like One” by Harry Starren.

Website: http://dearmarintan.com/

Leave a Reply

%d bloggers like this: