My Travel Listography

  
Buku ini adalah jurnal perjalanan yang gue beli ketika mampir ke toko buku Waterstones di Piccadilly Circus, London, dua bulan yang lalu. Waktu itu gue hanya sekedar iseng melihat-lihat koleksi buku perjalanan yang ada di rak berlabel khusus “Travel”. Eh, ternyata ga jauh dari rak buku itu ada sebuah rak lain yang ukurannya lebih kecil dan berisi pernak-pernik pelengkap petualangan. Mulai dari map negara yang unik, kotak pensil berbonus kompas, hingga buku travel listography yang gue beli ini.

Travel Listography ini menarik banget soalnya berisi halaman-halaman untuk diisi. Bukan hanya tentang kota atau negara mana saja yang sudah kita kunjungi, tapi juga halaman berjudul “People I send postcards to”, “Favorite travel websites and resources”, “Unique locations I’ve been to”, dan “Songs that inspire my spirit of adventure”.

"Man-made wonders I have visited" with Angkor Wat in Cambodia as an example

“Man-made wonders I have visited” with Angkor Wat in Cambodia as an example

"What I Hate and Love about Traveling" with Greek Platter food and getting lost as examples

“What I Hate and Love about Traveling” with Greek Platter food and getting lost as examples


Gue mulai mengisi sedikit demi sedikit daftar tempat yang sudah dikunjungi. Begitu mulai menulis, gue baru menyadari bahwa ternyata dunia itu luas banget ya. Walaupun sudah cukup banyak juga tempat yang gue datangi, tapi ternyata belum mampu untuk mengisi banyak lembar dalam buku ini.Gue jadi semakin semangat untuk lebih banyak menjelajah tempat-tempat baru. Juga melakukan hal-hal baru di tempat-tempat yang sudah sering gue kunjungi, untuk mengubah perspektif gue tentang lingkungan di sekitar tempat tersebut. Bahwa seberapa sering pun kita mendatangi suatu tempat, selalu ada hal baru untuk dilakukan di sana. Selalu ada sudut jalan yang belum pernah kita lewati, selalu ada wajah-wajah asing yang menunggu untuk kita sapa saat berjalan.

March Roster

Roster bulan Maret sudah dirilis dan gue dapat 3 layover internasional, yaitu Kochi, India (11-13 Maret), Paris, Perancis (21-23 Maret), dan Frankfurt, Jerman(31 Maret – 2 April). Ini akan menjadi kali ke-empat gue ke Kochi, dan kali ketiga gue ke Paris. Tapi gue belum pernah ke Frankfurt sebelumnya, jadi gue semangat untuk mencari tahu tempat mana saja yang bisa gue kunjungi selama layover di sana. Untuk Kochi dan Paris, gue sedang berpikir kegiatan baru apa yang bisa gue lakukan supaya layover gue kali ini terasa beda dan tempat yang gue kunjungi harus baru dan belum pernah gue datangi sebelumnya.

Di sisi lain, gue juga berencana untuk melakukan perjalanan singkat ke suatu tempat. I want to just go without too many plans and get lost somewhere. I want to visit unfamiliar places and meet strangers on the trip. I have never done this kind of solo trip abroad, but I need to do this. To discover myself and redefine my life. To give meanings to things that I often take for granted. To color my mind and set my brain free.

… And where am I going to?

Itu masih rahasia. Tunggu saja. Semoga gue bisa segera mewujudkan short escape ini segera dan dengan spontan. Dan pastinya, gue akan membawa Travel Listography ini untuk merekam jejak gue ke mana pun gue melangkah…

Use Facebook to Comment

comments

Leave a Reply