Never Let Anyone Break your Dreams

dream quote7

Beberapa waktu lalu ada yang text gue di LINE messenger dan curhat.. Sebut aja namanya Nenez. Dia cerita kalau belakangan ini dia lagi down karena sampai sekarang dream job yang dia pengen, which is obviously becoming a flight attendant, belum kesampean.

“Pernah ga sih mamak ngerasa dulu pas sebelum jadi FA ngerasa kalo profesi tsb bukan jodohnya?” kata Nenez.

Iya, jangan kaget. Beberapa orang, terutama yang akrab, memanggil gue dengan sebutan “emak” atau “mamak”. Mungkinkah ini karena wajah gue terlihat tua? ini karena gue terlihat dewasa dan keibuan *preetttt*

Mendapat pertanyaan ini, gue seolah terlempar ke masa lalu. Masa ketika gue merasa ga semangat dan bener-bener terpukul akibat gagal di nyaris semua rekrutmen yang gue coba. Rasanya bukan sedih lagi, tapi hati ini kayak hancur berkeping-keping. Tiap kali inget kegagalan itu gue bisa nangis sesenggukan saking sedihnya.

Keliatannya lebay ya? Well, itulah yang gue rasain waktu itu dan hanya orang-orang yang punya mimpi jadi cabin crew dan pernah ngerasain ditolak berkali-kali yang bisa ngerasain hal ini. Gagal aja udah pasti sedih rasanya. Tapi ternyata ada yang lebih menyedihkan lagi daripada sekedar gagal. Itu adalah ketika orang-orang di sekitar kita ga mendukung bahkan menjatuhkan semangat kita.

Inilah yang gue alami dulu. Beberapa teman ada yang menertawakan impian gue jadi cabin crew. Mereka bilang hanya yang putih, cantik, dan kurus aja yang bisa jadi pramugari. Selebihnya hanya bisa berkhayal di siang bolong. Salah satu teman dekat yang biasanya ngedukung dan nyemangatin gue bahkan pernah mengecewakan gue.

“Udahlah, tan. Lupain aja mimpi lo. Mungkin ini bukan jalan lo. Toh masih banyak kerjaan lain yang bisa lo tekuni dan lo bisa sukses di bidang itu kan.. Semangat yah,” katanya waktu itu.

Sama sekali ga menyemangati gue dan jelas bukan kata-kata yang ingin gue dengar dari dia pada waktu itu. Ibarat udah jatuh, tertimpa tangga. Ditolak banyak maskapai, dihancurkan semangatnya oleh teman-teman.

Saking sedihnya, gue bahkan membuat postingan blog pada waktu itu (bisa dibaca di sini). Rasanya sedih banget, ngetik postingan itu aja sambil nangis. Waktu itu gue ga punya banyak teman yang berjuang bareng buat ngejar dream job ini, jadi segala suka duka ya kebanyakan gue tanggung sendiri.

Saking patah semangatnya, pada waktu itu gue berjanji ke diri sendiri untuk berhenti nyoba rekrutmen pramugari kalau masih gagal juga sampai 10 kali. Untung aja gue ga menepati janji gue itu karena ternyata gue baru berhasil setelah 17 kali nyoba. Gue harus melalui 16 penolakan sebelum akhirnya diterima di Orient Thai Airlines tahun 2013 lalu. Bayangkan kalau gue benar-benar menepati janji gue untuk berhenti setelah 10 kali gagal. Mungkin gue ga akan terbang ke sana ke mari dan cita-cita jadi pramugari hanya tinggal kenangan.

Anyway, postingan ini dibuat bukan untuk mengenang masa-masa sedih itu lagi karena itu udah berlalu. Gue pengen nyemangatin orang-orang yang bercita-cita jadi cabin crew tapi sampai sekarang belum kesampean. Entah karena kendala fisik, umur, keterbatasan dalam berbahasa Inggris, atau karena kekurangan lainnya yang bikin gagal di rekrutmen berbagai maskapai.

Never let anyone discourage you and never give them the power to break your heart. Nobody can define your future but yourself, because it is your own authority. Ignore those who make fun of your dreams and surprise them by your success stories in the future.

Kalau ada yang bilang sama kalian untuk ngelupain impian kalian dan, “mungkin ini bukan jalan lo”, pesan gue hanya satu. Maafkan aja orang itu karena mereka ga tau apa yang sedang mereka ucapkan. Kita gagal bukan karena ini “bukan jalan kita”, tapi karena ini belum saatnya. Sampai kapanpun orang-orang yang menjatuhkan semangat kita ga akan pernah ngerti kenapa kita berusaha keras dan berdoa buat menggapai impian kita. Ga apa-apa. Itu karena memang impian ini “bukan jalan mereka”. Makanya sampai kapanpun mereka ga akan ngerti dan wajar aja kalau mereka bukannya nyemangatin kita tapi malah bikin mental kita jatuh.

Di saat kalian lagi perlu dukungan dan semangat, carilah orang-orang yang mengerti. Orang-orang yang satu visi dan misi untuk jadi cabin crew. They might be strangers to you, but they will surely support you much better and make you much stronger than friends and family members who don’t.

dream quote3

Setiap orang punya kekurangan, bahkan orang yang keliatannya paling sempurna sekalipun. Hanya saja, ga semua orang menunjukkan kekurangan dan kesedihan yang mereka alami. Jadilah orang yang kuat dan percaya pada Tuhan. Faith in God will empower you. When you believe in yourself and in God, anything is possible. Even though people discourage you, you can do anything if God is with you.

Hope to see you wear your dream wings in the future 🙂

*This post is dedicated to Nenez. Your dream will come true only if you keep walking towards it.

Use Facebook to Comment

comments

2 comments

Leave a Reply