Antrian Khusus Wanita Bikin Iri Pria di Saudi

20131110_230541

Ruang gerak wanita di Arab Saudi memang tidak sebebas di Indonesia. Sudah menjadi aturan umum bahwa wanita dan pria yang bukan muhrimnya dilarang berjalan atau melakukan kegiatan bersama di tempat umum. Meski begitu, terkadang hal ini membawa keuntungan tersendiri bagi kaum hawa. Banyak toko, restoran, maupun pusat belanja yang menyediakan antrian khusus wanita. Mengantri di tempat khusus seperti ini tentu saja lebih nyaman karena biasanya pelanggan wanita lebih kalem dan gue nggak harus berdesakkan dengan para pelanggan pria yang umumnya berbadan tinggi besar.

Antrian khusus wanita di beberapa restoran sering kali membantu gue untuk mendapatkan pesanan take-away lebih cepat dibanding pelanggan pria yang mengantri di bilik terpisah. Hal ini terjadi sewaktu gue pergi ke salah satu gerai Al-Baik. Restoran cepat saji ini sangat terkenal dan antrian pelanggannya sering kali mengular sampai ke luar bangunan saking banyaknya penggemar. Hampir di semua gerai Al-Baik disediakan bilik antrian khusus wanita.

Gue dan teman-teman yang pada waktu itu kelaparan memutuskan untuk membeli makanan cepat saji itu untuk dibawa pulang dan dimakan di apartemen kami. Berhubung bilik antrian wanita minim pelanggan, maka gue pun memutuskan mengantri untuk membeli makanan untuk kami semua. Hanya dalam waktu kurang dari 15 menit, gue mendapatkan makanan yang gue pesan, padahal di depan gue berdiri dua orang wanita Arab yang juga memesan cukup banyak paket Al-Baik untuk dibawa pulang. Ini nggak mungkin terjadi kalau seandainya antrian wanita dan pria dijadikan satu. He he he…

Selain di gerai Al-Baik, antrian khusus wanita juga tersedia di hypermarket Bindawood. Para wanita bisa menuju kasir khusus untuk membayar belanjaan mereka. Kasir khusus ini sangat berguna, terutama ketika waktu sholat hampir tiba. Di waktu sholat, seluruh staf Bindawood harus menghentikan kegiatannya dan menjalankan ibadah. Staf non-Muslim pun wajib berhenti dari kegiatannya dan baru bisa melanjutkannya setelah waktu sholat usai.

20131016_152406

Minimnya antrian di kasir wanita ini kadang membuat iri pelanggan pria lainnya. Sehingga mereka yang ingin cepat-cepat membayar belanjaannya sebelum waktu sholat tiba sering kali menyeruak masuk ke kasir khusus wanita.

Use Facebook to Comment

comments

One comment

Leave a Reply