Yuk, Belajar di Dunia Maya!

sumber foto: pinterest/mandywalsh17

sumber foto: pinterest/mandywalsh17

Siapa bilang belajar hanya bisa dilakukan di sekolah atau di lembaga kursus formal? Hari gini, dengan koneksi internet, sedikit waktu luang, dan keingintahuan yang besar, kegiatan belajar bisa dilakukan di mana aja dan kapan aja. Baru-baru ini gue menemukan dua situs belajar online yang sangat menarik dan bermanfaat, yaitu coursera.org dan open2study.com.

Kedua situs ini bisa dibilang seperti universitas maya yang menawarkan beragam mata kuliah menarik dan semuanya bersifat gratis alias tanpa biaya sepeser pun! Berhubung semangat belajar gue lagi tinggi, maka gue pun mendaftarkan diri di kedua situs tersebut. Ada beberapa mata kuliah yang gue ambil baik di Coursera maupun Open2Study. Topiknya macem-macem, tapi secara umum yang paling banyak gue ambil pastinya berhubungan dengan ketertarikan gue, seperti antropologi, budaya, sejarah, dan sosiologi.

Seperti di universitas pada umumnya, metode belajar di Coursera dan Open2Study adalah dengan menyimak kuliah yang diberikan oleh pengajar lewat video dan materi bacaan yang disediakan (berbentuk pdf atau ebook yang bisa diakses gratis khusus siswa kelas tersebut). Video kuliah selalu diupdate setiap minggunya dan materi belajar bisa didownload di ruang kelas di mana kita terdaftar sebagai siswa. Enaknya video kuliah ini bisa kita pause, replay, atau stop kapan aja sesuai kebutuhan. Jadi, kalau mau istirahat sejenak untuk makan, beribadah, atau melakukan kegiatan lain pun bisa. Suka-suka kita aja, yang penting saat belajar nyaman dan pelajaran bisa dicerna dengan baik.

Saran gue sih, kalau mau belajar, sediakan waktu luang sedikitnya 30 menit hingga satu jam. Meskipun materi pelajaran disampaikan dalam Bahasa Inggris yang jelas dan mudah dimengerti, tetap aja kita butuh konsentrasi untuk mencatat poin-poin penting, membaca catatan, dan menyerap pelajaran sebelum mengerjakan tugas berupa kuis dan esai.

Hal lain yang perlu diingat adalah belajar online ini sifatnya mandiri dan dibutuhkan kemauan belajar yang absolut kalau ingin menyelesaikan semua materi pelajaran dari awal sampai selesai. Semuanya tergantung sama diri kita sendiri, mau rajin atau menunda-nunda belajar. Ada baiknya sebelum mengambil materi kuliah, dibaca dan dipertimbangkan dulu topiknya, materi bacaan yang disarankan dalam kelas, serta durasi belajarnya makan waktu berapa lama. Dengan begini, kita bisa mengukur kapasitas diri dalam belajar supaya mendapat hasil dan manfaat maksimal dari kelas-kelas yang kita ambil.

Berikut ini adalah daftar fitur yang ada di Coursera dan Open2Study. Silakan bandingkan mana yang paling lo sukai sebelum memutuskan untuk mendaftar di salah satu atau bahkan kedua situs tersebut.

coursera

Coursera

– Total topik kuliah yang terdaftar per 17 Maret 2014 sebanyak 617. Sebanyak 544 topik kursus disajikan dalam Bahasa Inggris.
– Selain Bahasa Inggris, bahasa asing lain yang tersedia untuk belajar di Coursera adalah bahasa Mandarin, Prancis, Portugis, Spanyol, Rusia, Ukraina, Turki, Arab, Jerman, Ibrani, Italia, dan Jepang.
– Ada 25 kategori kursus, di antaranya: seni budaya, informasi, teknologi dan desain, hukum, matematika, music, film dan audio, ilmu sosial dan kemanusiaan, serta pengajaran.
– Semua materi kuliah di Coursera diberikan oleh institusi pendidikan tinggi terkenal dari berbagai negara. Terdapat 98 institusi pendidikan ternama di dunia, seperti Yale University, University of California (Amerika Serikat), Tel Aviv University (Israel), dan The University of Tokyo (Jepang). Daftar lengkap insitusi pendidikan yang berpartisipasi di Coursera bisa dilihat di sini.
– Beberapa mata kuliah menawarkan program sertifikasi (verified certificate). Untuk mendapat sertifikat tersebut, siswa harus bisa memenuhi syarat minimum partisipasi belajar dan penyerahan tugas yang ditetapkan oleh pengajar, serta membayar biaya percetakan dan pengiriman sertifikat dengan paypal atau kartu kredit. Sertifikasi ini berguna dan bisa menjadi nilai plus bagi yang mau memoles CV atau mendaftar beasiswa. Namun, bagi yang belum yakin bisa mengikuti perkuliahan dari awal hingga akhir, sebaiknya nggak usah memaksakan diri ikut program sertifikasi. Cukup mendaftar kelas gratis saja dan belajar dengan santai tapi serius.
– Materi belajar yang disediakan berbentuk video dan online ebook dan / atau bahan bacaan berformat pdf. Tugas diberikan dalam bentuk kuis dan esai. Kuis dinilai secara otomatis oleh sistem yang ada di Coursera, sedangkan esai dinilai dengan metode peer reviews alias dinilai oleh dua orang siswa lainnya yang terdaftar dalam kelas yang sama.
– Tersedia fitur survey, forum diskusi dan meetup untuk berinteraksi dengan sesama siswa dan membahas materi kuliah yang diberikan tiap minggunya.

Daftar mata kuliah yang gue ambil di Coursera

a. History of the Slave South – University of Pennsylvania

b. Practicing Tolerance in a Religious Society: The Church and the Jews in Italy – University of Maryland, College Park

c. Applying to US Universities – University of Pennsylvania

d. The Emergence of the Modern Middle East – Tel Aviv University

e. Marriage and the Movies: A History – Wesleyan University

f. Warhol – The University of Edinburgh

g. The Bible’s Prehistory, Purpose and Political Future – Emory University

h. The French Revolution – University of Melbourne

i. Social Psychology – Wesleyan University

j. Human Trafficking – The Ohio State University

k. Modern & Contemporary American Poetry – Wesleyan University

l. The Fall & Rise of Jerusalem – Tel Aviv University

open2study

Open2Study

– Terdapat puluhan materi kuliah yang dibagi dalam 8 kategori, di antaranya pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, marketing dan periklanan, bisnis, keuangan, kesehatan dan obat-obatan, manajemen, seni dan kemanusiaan.
– Open2Study menyediakan sebuah dashboard khusus berlabel “My Study Center” di mana setiap siswa bisa melihat daftar mata kuliah yang dipilihnya, jadwal belajar, serta daftar teman yang diundang untuk bergabung atau yang sudah terkoneksi dengannya.
– Tersedia beberapa pilihan program terakreditasi yang ditawarkan dengan kerjasama dari Open University Australia. Tentunya siswa yang mengikuti program terakreditasi akan mendapat sertifikat resmi dari Open University Australia di akhir masa perkuliahan.
– Ada forum diskusi untuk membahas mata kuliah yang sedang dipelajari dan ruang untuk menulis review tentang suatu mata kuliah sebagai referensi bagi calon siswa lain.
– Terdapat fitur unik berupa badge seperti di foursquare untuk setiap aktivitas dan prestasi yang diraih siswa saat belajar dan berinteraksi dengan sesama siswa di Open2Study.
– Bisa dikoneksikan dengan beberapa akun jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn.

Daftar mata kuliah yang gue ambil di Open2Study

a. Understanding the Origins of Crime – Griffith University

b. Writing for the Web – Open2Study

c. Negotiation and Conflict Resolution – MGSM, Macquarie University

d. Becoming Human: Anthropology – Macquarie University

e. Chinese Language and Culture – South China University of Technology

f. Indigenous Studies: Australia and New Zealand – Massey University and University of Tasmania

Kesannya banyak banget ya kursus yang gue ambil, hahaha.. Tenang aja, semua kursus yang gue pilih udah gue perhitungkan kok berdasarkan kemampuan dan ketersediaan waktu luang yang gue miliki. Pastinya juga daftar kursus di atas memiliki jeda antara kursus yang satu dengan yang lain. Jedanya bervariasi mulai dari 2 minggu hingga 2 bulan. Jadi, kalo penyakit malas dan menunda-nunda nggak kambuh, gue bisa belajar dan mengerjakan setidaknya setengah dari tugas yang diberikan oleh pengajar.

Gimana setelah baca review singkat tentang Coursera dan Open2Study? Jadi makin pengen ikutan belajar kan? Buat yang daftar di salah satu atau kedua situs belajar tersebut, kasih tau di kolom komentar postingan blog ini ya. Terutama kalau lo ngambil satu atau beberapa kelas yang sama dengan kelas yang gue ambil, wajib ngasih tau. Kan seru bisa jadi teman sekelas dan ngerjain tugas bareng kayak jaman sekolah dulu 😀

Use Facebook to Comment

comments

9 comments

  1. Christy Natalia Mandas says:

    aasssiikkkk!!!! keren bgt.. makasih infonya yaa, mba intan.. mau ambil juga yang chinese language and culture.. belajar bareng yaa, mba intan

    • dearmarintan says:

      Hai, Christy! Sudah daftar di Open2Study yang Chinese Language and Culture? Namamu di Open2Study siapa? Biar aku add jadi classmate, kan seru kalo bisa belajar bareng 🙂

    • dearmarintan says:

      @Reni Marintan: wah, namanya Marintan juga ya.. makasih ya udah mampir ke blog ini dan nyempetin waktu buat nulis komen.. sering-sering mampir ya, rencananya aku mau mulai nulis blog lagi.. semoga menghibur dan bermanfaat 🙂

Leave a Reply