Rumah Baru di Dunia Maya

Image and video hosting by TinyPic

Ini lho cpanel yang bikin gue pusing itu….

Setelah sekian lama bermimpi untuk punya sendiri blog dengan embel-embel dotcom di belakangnya, pada 25 November lalu gue pun memutuskan untuk ngewujudin hal itu. Gue daftarin domain dearmarintan.com ke Qwords.com, penyedia jasa webhosting di Indonesia yang udah banyak bikinin website untuk sejumlah figur dan perusahaan ternama. Proses daftarin domainnya sih cepet, begitu gue urus prosesnya via online dan konfirmasi pembayaran, voila! nama dearmarintan.com pun menjadi hak milik gue.

Eh, tapi kok saat gue akan memulai nulis di blog yang baru, gue malah dibingungkan dengan segala hal yang berurusan dengan masalah teknis. Okelah, gue udah nyaris tiga tahun numpang ngeblog di wordpress.com dan cukup menguasai cara mengutak-atik fitur blog di dalamnya. Tapi pengetahuan gue seketika seperti ilang ditelen bumi waktu dapet domain. Lho, mana panel buat nulisnya ya? Terus cara upload foto dan tulisan gimana caranya nih?

Setelah sesi ngobrol online dengan beberapa staf Qwords.com, gue pun baru mengetahui kalau urusan mendaftar domain bukan berarti website kita udah siap pakai. Ternyata gue masih harus bayar hostingnya. Apa tuh hosting? Duh, cari sendiri deh di google definisinya, yang jelas hosting ini memungkinkan kita untuk mengutak-atik segala fitur dan aplikasi di website kita lewat cpanel. Cpanel (control panel) inilah yang jadi medium antara kita sebagai blogger dengan panel blog kita yang udah berubah menjadi website dengan label dotcom. Singkat kata, gue pun membayar biaya tambahan untuk Cpanel ini, hingga akhirnya gue bisa mengakses control panel personal website gue.

Wah, keren nih! Sekarang saatnya beraksi, begitu pikir gue. Ealah, ternyata masalah teknis ga hanya berhenti sampe di sini. Gue masih harus bersabar (baca: nahan marah) karena kecepatan internet yang kurang memadai dan bikin proses perbaikan serta pemindahan konten blog lama ke website baru gue menjadi terhambat. Hadeeuuhh, cobaan apa lagi ini?

Setelah berkonsultasi lagi dengan para staf Qwords.com (stafnya baik, sabar, dan standby 24 jam buat ngebantuin lho!), gue pun mengetahui bahwa yang bermasalah bukan webhosting atau laptop gue, melainkan ISP (internet service provider) yang gue pakai. Emang ya, internet di Indonesia itu leletnya juara. Udah bayar mahal-mahal, promosi di iklan pake kata “smart”, “super cepat”, “anti lelet”, dsb, teteeeepp aja begitu dibutuhkan malah down. Yaudahlah, daripada stres, mendingan gue tutup sementara laptop gue dan gue biarkan website gue menganggur.

Image and video hosting by TinyPic

Tampilan blog lama gue yang beralamat di dearmarintan.wordpress.com

Image and video hosting by TinyPic

Tampilan blog baru gue yang udah berubah jadi dearmarintan.com, masih kosong banget, hehehe..

Gue baru bisa mengutak-atik dan mengatur tampilan website setelah berangkat ke Thailand untuk training di maskapai tempat gue bekerja. Untuuungg banget, internet di Thailand kualitasnya lebih bagus dan membuat gue merasa bersyukur karena akhirnya bisa juga mengakses cpanel serta mengutak-atik tampilan blog gue.

Untuk sementara ini, konten dari blog lama belum gue pindahkan ke blog dearmarintan.com ini. Satu per satulah akan gue kerjakan. Lagipula, ada dua website lainnya yang juga harus gue urus, yaitu forumpramugari.com (blog yang isinya seputar dunia cabin crew) dan cinemalone.net (kalau yang ini blog review film gue yang ngaco banget deh isinya, hahaha).

Kalau sempet, silakan mampir ya ke semua website/blog gue tersebut. Kasih komen berupa saran dan kritik yang membangun supaya gue bisa memperbaiki kualitas tulisan dan tampilan blog gue. Apa aja deh, intinya supaya blog gue ini berguna bagi yang baca. Thanks a lot for dropping by 🙂

Use Facebook to Comment

comments

5 comments

  1. Citra Rahman says:

    Hahahahaha…pertama kali punya domain sendiri, persiiiiiiiiiiiiiiiiiiis sama seperti yang kamu rasakan dan tulis di atas. Sampai aku menyesal membeli domain karena berpikir urusannya malah makin ribet. Tapi itu awal-awalnya aja. Sekarang sudah agak tenang sedikit, tapi tetap harus was-was dengan kuota hosting yang amat terbatas. 😀

    • dearmarintan says:

      emang susah banget, cit, belajar ngeblog lewat domain ini.. selain urusan teknis, kita juga diuji mentalnya lewat koneksi internet di indonesia yang kadang-kadang bikin pengen tereak sambil jambak-jambakin rambut sendiri, hahahaha :))

      anyway, aku ga nyesel kok beli domain.. malahan jadi tertantang gimana caranya bisa bikin blog berbayar ini jadi lebih berkualitas dan bermanfaat ga hanya buat pembacanya tapi buatku juga 🙂

Leave a Reply